Sukses Bisnis Tergantung pada Leadership


Dalam dunia bisnis, leadership merupakan sesuatu yang sangat penting. Leadership sangat berpengaruh, sebab peran leadership atau kepemimpinan sangatlah besar dalam perkembangan dan kemajuan bisnis serta dalam meningkatkan kinerja pegawai. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki leadership atau kepemimpinan yang baik. Hanya segelintir saja orang yang memiliki kemampuan ini.
Walaupun demikian, ada beberapa orang yang sejak kecil sudah terlihat jiwa kepemimpinannya. Seiring berjalannya waktu, orang tersebut bertambah dewasa dan biasanya menjadi pembuat keputusan yang sangat berpengaruh di lingkungannya. Dia menjadi sosok pemimpin yang banyak didengarkan oleh orang-orang di sekitarnya. Dia menjadi penggerak suatu kegiatan dan dia dapat mengajak orang lain mengikuti gagasannya. Dia menjadi orang yang biasanya solutif terhdap berbagai persoalan yang terjadi. Selain itu, biasanya dia cepat tanggap dan tegas dalam mengambil keputusan. Orang seperti inilah yang memiliki peran yang sangat penting dalam dunia bisnis.
Dunia bisnis tidak selamanya berjalan di jalan yang rata dan mulus. Terkadang, pebisnis menghdapi jalan yang berliku tajam dan tidak rata. Ada berbagai tantangan yang perlu dihadapi, ada banyak kesulitan yang perlu diselesaikan, ada banyak masalah yang perlu dipecahkan. Selain itu, semakin besar masalah yang dihadapi semakin besar pula resiko yang ditanggung. Peran penting sebagai seorang pemimpin saat dibutuhkan pada saat bisnis mengalami masa-masa ini. Peran pemimpin dianggap sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan bisnis. Kesuksesan sebuah bisnis bergantung pada kepemimpinannya.

Related Article : Setiap Tahun harus Memiliki Target Baru

Karena banyaknya permasalahan yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan, maka pemimpin sangat berperan untuk menyelesaikan berbagai masalah tersebut. Seorang pemimpin harus benar-benar memahami suatu masalah agar nantinya dia tidak salah mengambil tindakan untuk menyelesaikannya.

Selain itu, pemimpin juga tetap harus menyemangati para pegawainya agar tetap bersemangat dalam bekerja walaupun perusahaan sedang diguncang dengan berbagai permasalahan. Pemimpin harus paham kalau kinerja pegawainya tidak boleh terpengaruh dengan berbagai ancaman dari luar perusahaan. Oleh sebab itu, kemampuan leadership sangat dibutuhkan untuk memberikan support kepada karyawan.

Related Article : Anger Management adalah Tindakan yang Wajib Dikuasai Pemimpin Bisnis

Sebenarnya jiwa kepimpinan bukan hanya perlu dimiliki oleh seorang pimpinan perusahaan. Seorang bawahan pun tetap harus memiliki jiwa kepemimpinan. Tanggung jawab terhadap pekerjaan juga merupakan jiwa kepemimpinan. Oleh sebab itu, siapa pun perlu memilikinya. Hal ini sangat diperlukan sehingga seorang individu baik itu pimpinan atau bawahan bisa mengelola bagaimanan cara bekerja sama yang baik antar anak buah atau antar rekan kerja sehingga tiap anggota perusahaan bisa mengatasi permasalahan yang menimpa perusahaan. Dengan demikian, perusahaan bisa terus menerus maju dan berkembang.

Lalu bagaimana kriteria yang dibutuhkan agar bisa memiliki jiwa kepemimpinan?

Berikut ini kriterianya:
1. Memiliki kewibawaan dan kebijaksanaan sehingga selain mampu menyelesaikan masalah juga tetap disegani oleh para bawahan.

Kemampuan ini sangat perlu dimiliki oleh seorang pimpinan. Biasanya pemimpin yang berwibawa sangat disegani oleh bawahannya. Segan bukan berarti takut, tapi segan berarti sangat menghormati serta menghargai. Selain itu, seorang pemimpin juga perlu bersikap bijaksana. Pemimpin yang bijaksana dan tidak otoriter biasanya menjadi idola para bawahannya, mereka tidak sok memerintah, tapi mereka menempatkan bawahannya sebagai rekan kerja. Walaupun demikian, bawahannya tetap saja menghormati dan menghargainya.
2. Memiliki kemampuan yang membuat orang lain merasa segan sehingga ketika berada dalam sebuah organisasi maupun perusahaan ia pun disegani baik oleh rekan kerja maupun rekan bisnis.

Kriteria selanjutnya adalah memiliki kemampuan yang membuat orang lain merasa segan. Tidak semua pemimpin memiliki kemampuan ini, walaupun demikian seorang pemimpin haruslah berusaha untuk membuat orang lain merasa segan pada dirinya dengan bersikap bijak dan mau menerima kritikan dan masukan.

Related Article : Kewajiban Berpikir Kritis dalam Berbisnis

3. Mampu memberikan inspirasi dan memberikan motivasi kepada orang lain misalnya kepada bawahan.

Pemimpin yang baik selalu bisa menyemangati bawahanannya dengan memberikan Inspirasi dan motivasi kepada mereka. Mereka tidak sembarang menjudge bawahannya jika suatu saat mereka melakukan sesuatu yang salah, tapi mencari penyebab dari masalah dari bawahannya tersebut. Pemimpin yang baik akan menjadi partner yang baik bagi bawahannya. Bawahan akan selalu menjadikan mereka sebagai inspirasi untuk terus maju.
Salam Pencerahan,

Tom Mc Ifle

Indonesia’s #1 Success Coach
Lean Six Sigma Coach
Chief Executive Officer PT. Aubade Makmur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *