Ide Bisnis Menghadapi MEA


Masyarakat Ekonomi ASEAN atau biasa disingkat MEA ini sudah diberlakukan di Indonesia. Namun masih banyak orang yang belum paham penjelasan dari MEA tersebut. Sejatinya MEA adalah bentuk kerjasama antar anggota Negara-negara ASEAN dimana diberlakukannya sistem perdagangan bebas antara Negara-negara ASEAN. Oleh karena dijalankannya sistem seperti ini maka persaingan diantara para pelaku usaha akan semakin sengit dan mengharuskan para pelaku usaha di Indonesia siap dalam menghadapi segala persaingan yang ada.
Para pengusaha diharuskan memiliki segudang ide kreatif serta mampu bekerja keras untuk menghadapi sistem seperti ini. Selain itu, para pengusaha pun harus cerdas dalam memanfaatkan atau menangkap peluang perdagangan bebas tersebut. Adanya persaingan yang ketat inilah yang mengharuskan setiap pelaku usaha mendatangkan ide baru yang menarik agar mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya. Sebuah kreatifitas merupakan kunci utama untuk menghasilkan materi yang berlimpah.
Intinya kunci untuk menghadapi MEA adalah dibutuhkan kreatifitas tinggi, tidak terbatas serta memiliki daya juang untuk berusaha lebih giat. Untuk itu dibutuhkan banyak ide segar dalam menjalankan sebuah bisnis. Berikut ini adalah beberapa macam ide bisnis untuk menghadapi MEA.

Related Article : Mengapa Menjadi Reseller Sangat Menguntungkan

1. Bisnis Ramah Lingkungan

Semua orang harus memiliki rasa sadar lingkungan untuk menciptakan sebuah inovasi bisnis yang ramah lingkungan. Memang kini sudah banyak beredar produk-produk ramah lingkungan, namun tidak menutup Anda untuk menciptakan bisnis ramah lingkungan tersebut untuk menyusul kesuksesan produk terdahulunya. Pasalnya kini lebih banyak orang yang menyukai produk ramah lingkungan dibandingkan dengan produk lainnya. Oleh karena itu, ide ini bisa Anda kembangkan untuk menciptakan suatu ide yang baru lagi di dunia bisnis dalam menghadapi MEA.
2. Bisnis Cemilan Unik

Sekarang ini banyak bermunculan cemilan atau makanan ringan dalam bentuk ataupun rasa yang unik. Pangsanya pun dapat diperuntukkan oleh semua kalangan karena umumnya semua orang suka mengkonsumsi makanan ringan. Dengan bermodal mempelajari kesukaan pasar maka Anda dapat menciptakan sesuatu yang unik untuk sebuah makanan ringan yang nantinya akan Anda buat. Bisa saja Anda menciptakan ciki dengan berbagai macam rasa yang belum pernah ada.
Segala macam makanan ataupun minuman dapat Anda kelola sesuai dengan keinginan pasar. Untuk itu Anda harus mempunyai segudang ide cemerlang untuk mewujudkannya. Jika bisnis cemilan ini mampu menarik perhatian banyak orang maka bukan tidak mungkin bisnis ini akan menuai hasil yang sangat menjanjikan.

Related Article : Syarat UKM yang Mampu Bersaing di MEA

3. Bisns Tempat Hangout

Banyak tempat-tempat yang menjadi hits dikalangan para pelaku media sosial. Pasalnya satu postingan foto atau review mampu mendatangkan puluhan kali lipat orang yang penasaran akan tempat tersebut. Terlebih lagi jika tempatnya sangat strategis untuk dijadikan sebagai bahan utama pemasaran, misalnya saja tempatnya sangat bagus ketika difoto. Hal inilah yang akan membuat banyak orang berbondong-bondong untuk mengunjungi tempat tersebut.
Oleh karena itu, ciptakanlah sebuah tempat yang nyaman dan asik untuk hangout bersama dengan orang-orang terkasih dan manfaatkan media sosial sebagai media promosi.
4. Bisnis Penitipian Hewan

Menciptakan tempat penitipan hewan merupakan ide yang sangat cemerlang. Pasalnya, bisnis seperti ini tidak banyak atau jarang ditemui dibanyak tempat. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan waktu musim libur panjang seperti lebaran, natal dan tahun baru karena banyak orang yang memilih untuk berlibur. Tempat penitipan hewan seperti ini sangat berguna sekali bagi orang-orang yang memiliki hewan peliharaan namun enggan untuk membawanya berlibur atau meninggalkannya di rumah. Tidak hanya sebatas penitipan saja tetapi harus disertai berbagai macam keperluan lainnya, seperti makanan, jasa memandikan dan merawat hewan peliharaan tersebut.

Related Article : Pastikan Layanan pelanggan Anda luar biasa

5. Bisnis Jasa Kebersihan Panggilan

Membersihkan rumah merupakan kewajiban setiap orang. Namun banyak orang yang tidak memiliki waktu banyak untuk membersihkan rumah dikarena berbagai macam alasan. Hal ini tentunya sangat merepotkan terlebih lagi jika orang tersebut tidak memiliki pembantu rumah tangga. Inovasi terbaru lahir dengan menciptakan jasa pembersih rumah tangga atau jasa kebersihan panggilan yang dapat dipanggil kapan pun dibutuhkan. Dengan inovasi seperti ini maka orang-orang yang tidak sempat untuk membersihkan rumah ataupun tempat lainya dapat memanfaatkan layanan jasa seperti ini.
Salam Pencerahan,

Tom Mc Ifle

Indonesia’s #1 Success Coach
Lean Six Sigma Coach
Chief Executive Officer PT. Aubade Makmur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *