Sebagai Pembisnis Hindari Fokus hanya Satu Bidang

Top Coach Indonesia – Percayakah Anda fokus adalah kunci keberhasilan setiap orang, bahkan dalam sebuah bisnis?. Fokus itu saat dimana kita menaruh perhatian penuh pada satu titik dan mengerjakan titik itu dengan semaksimal mungkin dengan benar.  Tapi Anda jangan percaya ini jika sudah memiliki bisnis yang stabil.

Saya sarankan Anda untuk membuang jauh-jauh kata fokus di lini tertentu saat menjalankan bisnis. Loh kenapa?. Fokus kan justru membuat kita lebih maksimal untuk mengerjakan sesuatu?, bukankah fokus membuat hal yang kita kerjakan lebih baik dibandingkan dengan setengah-setengah?. Stop.. tunggu dulu..

Coba bayangkan, saat Anda memiliki 5 divisi dalam bisnis. Divisi Produksi, Pemasaran, Public Relationship dan Divisi Pengembangan SDM. Sedangkan Anda merasa ahli di pemasaran, maka Anda setiap hari fokus terus di pemasaran tanpa melihat divisi lain. Apa yang akan terjadi?

Tidak usah menunggu waktu lama, sebentar lagi bisnis Anda akan hancur..!! percayalah.

Anda pernah dengar istilah homeostatis?. Ya, itu yang sedang Anda rasakan sekarang.  kecenderungan untuk melakukan hal-hal yang biasa dilakukannya atau familiar. Anda terlalu suka dengan mengerjakan pekerjaan pemasaran dibandingkan dengan pekerjaan produksi dan pengembangan SDM.

Tapi ingat, Anda bukan marketers.. !! Anda bukan akuntan..!! Anda bukan kepala gudang..!! Anda adalah Pembisnis!!

Sah sah saja jika seorang akuntan fokus pada neraca perdagangan dan keluar masuk keuangan. Kepala gudang fokus pada produksi, marketers fokus pada pemasaran. Tapi sebagai pembisnis Anda harus menyeimbangkan fokus Anda pada semua titik, menjaga keseimbangan bisnis dengan baik.

Ibarat kata begini, Anda sedang membangun sebuah bangunan, tapi hanya pondasi sebelah kanan saja yang dibuat secara maksimal, sedangkan yang lainnya asal-asalan. Membangun atap hanya bagus di bagian depan saja. Bisakah bangunan ini bertahan lama?. Tentu tidak. Begitu juga dengan bisnis Anda.

Anda tidak sendirian dalam bisnis. Menjalankan bisnis sendirian sama saja Anda bekerja untuk bisnis Anda sendiri. Bukan itu yang harus Anda lakukan. Anda memiliki tim kan? Berdayakan mereka, buatlah tim Anda solid untuk saling menopang bisnis Anda.

Saya pernah bercerita ini dalam Business Academy, bahwa bisnis itu diibaratkan seperti kendaraan. Kendaraan yang memiliki bagian penting yaitu roda. Roda itu ibarat penyongkong atau bagian dari bisnis. Benar kan?

Masih belum percaya?, bayangkan begini, bahwa roda tersebut memiliki empat bagian penting yaitu finance, marketing, operation, dan team. Bagaimana jika salah satu bagian itu tidak ada? Apa yang akan terjadi? Kendaraan itu mangkrak!! Tidak jalan..!! rusak!, Istilah bisnisnya kita kenal dengan bangkrut.!.

Anda tentu tidak mau bangkrut kan?. Untuk itulah ikuti langkah yang saya berikan, bangun bisnis dengan memperhatikan setiap bagian dan lakukan pengecekan. Lakukan yang terbaik dan belajarlah agar bisa bersaing.  Seperti ungkapan Donald trump dan Richard branson mengatakan, ‘‘Seseorang pengusaha harus berpikiran terbuka, mau belajar dari yang terburuk dan yang terbaik, karena 99% pengusaha yang terus belajar memiliki kemampuan bersaing 50% lebih dasyat”.

Jika Anda ingin belajar bagaimana cara menciptakan Business System yang efektif. Untuk informasinya Anda dapat klik link ini : http://demo.topcoachindonesia.com/bisnis/

Related Articles :
– Memulai Bisnis dari Nol Belum Tentu Baik
– Bomerang Bisnis Berasal dari Partner Tak Sevisi
– Cara Merekrut Karyawan Terbaik dalam Bisnis
– Dampak Keberadaan Blueprint dalam Berbisnis
– Budaya Bisnis Profitable

Salam Pencerahan.
Tom Mc Ifle
Indonesia’s #1 Success Coach
Lean Six Sigma Coach
Chief Executive Officer PT. Aubade Makmur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *