Persaingan Harga Membuat Bisnis Anda Buruk

Top Coach Indonesia – Apakah Anda sedang menjalankan bisnis saat ini? Apa yang Anda lakukan untuk memenangkan persaingan bisnis?. Meningkatkan penjualan dengan menambah kualitas produkkah? Atau dengan menurunkan harga?.

Berbisnis itu penuh dengan strategi, termasuk untuk memenangkan persaingan. Misalnya Anda adalah pembisnis toko mebel, sedangkan beberapa meter dari toko Anda juga ada toko mebel. Apa yang Anda lakukan? Apakah akan menurunkan harga pada jenis yang sama agar konsumen lebih memilih untuk membeli di tempat Anda? Atau bagaimana?

Saya sebenarnya sudah mengulasnya jauh lebih lengkap di Business Academy yang dikenal dengan Life and Business Transformation Camp. Tapi baiklah, akan saya jelaskan sedikit kenapa Anda tidak boleh menggunakan persaingan harga agar memenangkan kompetisi bisnis.

Pertama, akan terjadi tawar menawar dalam bisnis?

Harga produk yang terus menerus jelas membuat marketing Anda mudah untuk menjualnya. Tapi yang akan terjadi justru membuat produk Anda semakin buruk dan memiliki nilai tawar yang jauh di bawah. Tidak percaya?.

Bayangkan saja begini, Anda menurunkan harga mebel di toko Anda, beberapa hari kemudian toko mebel yang dekat dengan Anda juga menurunkan harga mebelnya. Begitu selanjutnya, dan pada akhirnya biaya produksi pun ditekan terus menerus. Apa yang akan terjadi?

Ya.!! Timbulah masalah kedua dan ketiga.

Kedua, kualitas produk menurun.

Haruskah kualitas menjadi taruhan agar semua produk laris terjual?. Mungkin jangka pendek Anda akan mendapatkan banyak untung. Tapi, jangka panjang bisa jadi Anda tidak akan pernah melihat barang Anda terjual lagi. Percayalah..!!

Ketiga, kapan Anda akan untung?.

Jelas dengan menjalankan persaingan harga, Anda hanya akan mendapatkan untung sedikit. Anda hanya bisa memperbanyak produksi dan menghemat kesana kemari. Alhasil? Margin keuntungan Anda sedikit dan tidak banyak pengembangan yang bisa dilakukan.

Bagaimana solusinya?… nah ini yang wajib Anda mengerti saat ini. Bersainglah dengan memainkan peran produk, misalkan produk Anda ditambah dengan keunggulan lain maka harganya pun tinggi. Atau kualitas dari bahan baku produk menggunakan yang terbaik.

Anda takut tidak laku?, ingatlah bahwa tidak semua orang membeli barang atau jasa hanya berdasarkan harganya yang murah saja. Banyak juga yang membeli karena faktor kualitas.

Anda tentu ingin mendapatkan keuntungan yang banyak kan? Coba pikirkan, Anda memiliki satu produk. Mending untung 10 juta dari 5 atau 7 produk?. Tentu akan lebih memilih 5, karena harga produksi lebih sedikit dan keuntungan lebih banyak.

Ingat orientasi bisnis Anda adalah keuntungan?, semakin banyak keuntungan semakin baik. Semakin banyak produk yang terjual bukan lagi patokan bisnis Anda berjalan dengan baik saat ini.

Jika Anda ingin belajar bagaimana cara menciptakan Business System yang efektif. Untuk informasinya Anda dapat klik link ini : http://demo.topcoachindonesia.com/bisnis/

Related Articles :
– Sebagai Pembisnis Hindari Fokus hanya Satu Bidang
– Memulai Bisnis dari Nol Belum Tentu Baik
– Bomerang Bisnis Berasal dari Partner Tak Sevisi
– Cara Merekrut Karyawan Terbaik dalam Bisnis
– Dampak Keberadaan Blueprint dalam Berbisnis

Salam Pencerahan.
Tom Mc Ifle
Indonesia’s #1 Success Coach
Lean Six Sigma Coach
Chief Executive Officer PT. Aubade Makmur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *