Memulai Bisnis dari Nol Belum Tentu Baik

Top Coach Indonesia – Tahukah Anda apa yang membuat bisnis Anda lamban berkembang saat ini? Sudah bertahun – tahun menjalankan bisnis namun tetap saja tidak ada perkembangan?. Jangan berkecil hati dahulu, coba koreksi diri dan bisnis Anda. Apakah sedang terkena virus yang mematikan dalam bisnis atau tidak?.

Saya pernah melakukan studi dan mendapati 7 dari 10 orang membangun bisnisnya dari nol. Apa yang salah? Tidak…!! Anda tidak salah jika memulai bisnis dari nol. Tapi perlu diperhatikan bahwa jika Anda bisa mengakses modal, kenapa tidak memulai dengan sebuah modal, meski tidak banyak.

Menjalankan bisnis dari nol memang terlihat hebat, benar-benar hebat dan murah. Asalkan tidak murahan. Ini yang menjadi pusat perhatian para pemula bisnis. Tanpa modal bisa mendapatkan untung..!!. Saya harap Anda bukan bagian dari orang-orang ini.

Pada pembahasan yang disebut Life and Business Transformation Camp, sebelumnya saya pernah merumuskan 9 Virus Kegagalan Saat Memulai Bisnis. Rumusan ini menjelaskan tentang bagaimana bisnis ini bisa kacau hanya karena kita tidak teliti dalam memperlakukan bisnis. Anggap saja begini, Anda sedang menanam pohon, Anda harus memupuknya, memberi anti hama, memberi perlakuan lain  yang benar agar pohon tumbuh dengan baik.

Jangan takut untuk berubah..!! mengambil risiko dalam bisnis seharusnya menjadi keahlian Anda. Jangan takut kedatangan investor, mereka justru membantu membangun bisnis Anda lebih cepat. Buktikan..!!!

Perhatikan ini. Memulai bisnis dari nol sama saja dengan membuang WAKTU…!!!. Jangan harap bisnis Anda akan melambung cepat jika Anda tidak berani mengeluarkan modal untuk memutar roda bisnis. Saya sarankan Anda saat ini untuk segera melihat virus ini dalam bisnis Anda dan tangani dengan suntikan modal secukupnya. Tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Coba ingat kembali apa yang Anda lakukan selama ini dalam menjalankan bisnis?. Apakah selalu melakukan kegiatan operasional selama bertahun – tahun? Padahal Anda bisa saja mendelegasikan kepada orang lain atau karyawan.

Jangan pernah sekalipun Anda menghabiskan waktu berharga Anda untuk hal yang sia-sia dalam bisnis. Fokus..!! benahi hal-hal yang penting dalam bisnis yang seharusnya menjadi tugas Anda.  Delegasikanlah pekerjaan rutin berpola setiap hari pada karyawan yang tepat.

Tapi jika Anda tidak tahu apa yang harus Anda lakukan jika memulai bisnis dengan modal yang banyak. Saya punya saran kecil untuk Anda. Ini rahasia pembisnis Top, jadi jangan terlalu keras ya..!

Akuisisi bisnis..!!. Ya, siapa takut. Jika Anda memiliki modal cukup, belilah bisnis yang saat ini sedang rapuh. Istilah bisnisnya disebut undervalued company. Anda harus bisa menganalisa dengan baik perusahaan-perusahaan yang sedang kehilangan kestabilan. Lihatlah potensi yang dimiliki perusahaan itu, dan kembangkan dengan ketrampilan yang Anda miliki.

Mudah bukan?, perhatikan market, bidik perusahaan yang sedang rapuh, akuisisi dan perbaiki manajemen. Setelahnya terserah Anda, apakah mau digunakan sendiri agar mendapatkan keuntungan berlipat atau mau dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Tidak ada rule dalam menjalankan bisnis, yang ada adalah Anda menggunakan intuisi, analisis dan berani mengambil keputusan.  Do it right now..!!

Jika Anda ingin belajar bagaimana cara menciptakan Business System yang efektif. Untuk informasinya Anda dapat klik link ini : http://demo.topcoachindonesia.com/bisnis/

Related Articles :
– Bomerang Bisnis Berasal dari Partner Tak Sevisi
– Cara Merekrut Karyawan Terbaik dalam Bisnis
– Dampak Keberadaan Blueprint dalam Berbisnis
– Budaya Bisnis Profitable
– Memulai Bisnis dari Nol Belum Tentu Baik

Salam Pencerahan.
Tom Mc Ifle
Indonesia’s #1 Success Coach
Lean Six Sigma Coach
Chief Executive Officer PT. Aubade Makmur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *