Cara Merekrut Karyawan Terbaik dalam Bisnis

Top Coach Indonesia – Memulai sebuah bisnis merupakan bukan sebuah perkara yang mudah. Suatu bisnis tentu memerlukan karyawan untuk membantu Anda menjalankan bisnis. Proses memilih karyawan pun bukan perkara yang mudah demi keberhasilan bisnis Anda. Jika Anda salah dalam memilih karyawan akan berdampak pada bisnis Anda.

Ada dua kategori yang menyebabkan Anda salah merekrut karyawan. Anda hanya memilih karyawan dengan tujuan untuk berhemat, atau karena ketidakpahaman Anda dalam mencari karyawan yang tepat. Jangan merasa puas dengan calon karyawan Anda, carilah karyawan yang tepat dalam proses rekrutmen. Jangan sampai Anda salah dalam melakukan proses rekrutmen. Anda bisa saja berhemat sekarang, namun kerugian akan Anda alami dimasa depan.

Di dalam workshop yang kita namakan Business Mastery Workshop saya menjelaskan detail bahwa salah merekrut karyawan menjadi salah satu virus mematikan dalam bisnis. Bisa Anda bayangkan saja, betapa hancurnya sebuah bisnis tanpa sumber daya manusia yang baik. Saya sangat menyarankan Anda untuk memilih karyawan terbaik pada posisi yang tepat. Hal ini akan mendukung tercapainya keberhasilan bisnis Anda dengan cepat.

Biaya yang Anda keluarkan karena proses rekrutmen yang salah akan mengakibatkan 15 kali lebih besar daripada mempertahankan karyawan yang tepat. Anda tentu bisa membayangkan bila memiliki karyawan yang selalu membuat kesalahan dan justru membuat bisnis berantakan. Karyawan merupakan bagian dari bisnis Anda. Karyawan yang akan membantu Anda dalam menggerakan dan membela bisnis Anda. Buatlah mereka loyal pada bisnis Anda dan berikanlah yang terbaik bagi kebutuhan mereka.

Lalu Coach, kalau saya memberikan pengetahuan kepada karyawan, saat sudah mahir justru lari ke pesaing atau competitor. Berikut saya jelaskan lebih baik apa yang akan Anda pilih. Pilihan yang tepat dengan menjaga seorang karyawan yang pintar dan produktif daripada memasukan 10 karyawan tanpa produktivitas.

Pilihlah karyawan yang berkompeten tidak hanya dari segi kemampuannya, tetapi juga pada loyalitas yang dimiliki. Kemudian berikan pembelajaran kepada karyawan Anda, sehingga kualitasnya bertambah. Kualitas yang baik, hasil yang diperoleh pun baik.

Perlunya proses rekrutmen yang baik dikarenakan karyawan pun termasuk profit yang Anda miliki. Pada kenyataannya, karyawan yang handal dapat menggunakan 20% kemampuan untuk  menyelesaikan 80% masalah. Bisa Anda bayangkan seberapa besar profit yang akan didapatkan bila memiliki kriteria karyawan tersebut. 80% aktifitas terjadi akibat ketidaktahuan seseorang. Terkadang seseorang berbuat tanpa mengetahui pengetahuan sebelumnya dengan hasilnya tidak baik.

Lain kali secara rinci kita bahas cara merekrut karyawan yang tepat. Setidaknya, Anda mendapat referensi tambahan dalam membangun bisnis seperti Richard Branson dalam memilih tim inti bisnisnya.

Jika Anda ingin belajar bagaimana cara menciptakan Business System yang efektif. Untuk informasinya Anda dapat klik link ini : http://demo.topcoachindonesia.com/bisnis/

Related Articles :
– Dampak Keberadaan Blueprint dalam Berbisnis
– Budaya Bisnis Profitable
– Memulai Bisnis dari Nol Belum Tentu Baik
– Sebagai Pembisnis Hindari Fokus hanya Satu Bidang
– Persaingan Harga Membuat Bisnis Anda Buruk

Salam Pencerahan.
Tom Mc Ifle
Indonesia’s #1 Success Coach
Lean Six Sigma Coach
Chief Executive Officer PT. Aubade Makmur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *