Galakkan Kewirausahaan dengan Gerakan “Oneintwenty”

Jakarta, 8 September 2014 – Bertujuan untuk menciptakan satu dari 20 orang menjadi wirausaha, komunitas wirausaha di Indonesia menggagas gerakan “Oneintwenty”. Gerakan ini dimunculkan oleh Pro Indonesia bersama Smartpreneur Company dan sudah dilakukan sejak 2010 lalu.

Pembina Pro Indonesia, Budi Isman mengatakan, gerakan ini menargetkan bisa menciptakan 1 juta wirausaha di Indonesia pada 2020. “Gerakan Oneintwenty memiliki filosofi ‘learn – success and share’ yang bearti belajar sukses dan berbagi bersama. Sebenarnya pekerjaan rumah para penggerak wirausaha hanya ada dua yaitu menciptakan pelaku usaha baru dan mengembangkan pelaku usaha yang sudah ada,” kata Budi.

Menurutnya, jumlah wirausaha formal di Indonesia hanya sekitar 1,65 persen dari total jumlah penduduk. Kata dia, jumlah itu masih kalah dibandingkan dengan jumlah wirausaha di negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

Salah satu lembaga yang memberikan pelatihan bisnis bagi para wirausaha adalah Top Coach Indonesia (TCI). Selain memberikan pelatihan, TCI juga membuka konsultasi bisnis atau business coaching, yang mengajarkan sistem bisnis atau business mastery yang memberikan peluang usaha sehingga usaha bisa menguntungkan.

“TCI memberikan bantuan dalam bentuk akses pengetahuan, akses pemasaran, akses keuangan dan akses komunitas. Biasanya ini yang menjadi permasalahan utama di sektor UMKM. Kami juga bercita-cita membantu para pemilik usaha mencapai impiannya, serta menciptakan sejuta miliarder baru di dari dunia usaha,” kata pendiri dan CEO TCI, Tom MC Ifle.

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar menyatakan gerakan ini bisa membangkitkan kelas wirausaha di Indonesia yang masih rendah ketimbang negara-negara tetangga kita seperti Malaysia dan Singapura. “Salah satu potensi penting yang bisa diangkat untuk wirausaha yakni di sektor kreatif seperti fashion, kuliner, film, dan desain,” kata Sapta.

QH.

Related Articles :
IKM Sebaiknya Bebas Pajak
TOP COACH INDONESIA Menggelar Business System MasterClass untuk 
  Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN
BNI Ekspansi Bisnis Remitansi ke Tiga Negara
Makassar Jadi Kota Bisnis Terbaik 2014
Mebel Lokal Bakal Kuasai Asia Tenggara
Pameran Produk Bagi Wirausaha Baru Digelar
Pemerintah Pacu Lahirnya Wirausahawan Baru
LPDB Fasilitasi Kaum Muda Berwirausaha
Bunga Rendah untuk Pengembangan UMKM
Pemerintah Salurkan Dana Bergulir Rp20 Triliun untuk UMKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *