Pasar Cloud Diramalkan Meningkat pada 2015

Jakarta, 23 Juni 2014 – Nilai pasar teknologi cloud computing atau komputasi awan pada 2015 mendatang diprediksi meningkat sekitar 3,5 kali lipat dibandingkan pada tahun 2010. “Menurut data dari Gartner, pada tahun 2010, bisnis cloud mencapai 37,8 miliar dolar Amerika Serikat. Pada 2015, nilai ini diprediksi meningkat menjadi 121,1 milyar dolar Amerika Serikat. Marketnya sangat cepat, pertumbuhannya cepat sekali,” kata CEO PT.Virtus Technology Indonesia, Erwin Kuncoro.

Erwin mengatakan, di Indonesia, nilai pasar cloudjuga diprediksi meningkat. Hanya saja, cloud di Indonesia menurut dia masih menghadapi sejumlah tantangan, di antaranya, dari sisi keamanan dan jaringan.

“Kalau dari security, ada kekhawatiran bila data hilang atau diduplikasi. Kemudian, bagaimana mengintegrisasikan data melalui cloud yang bisa digunakan semua karyawan,” katanya lalu mengatakan “di Indonesia network-nya belum sebagus di Korea ataupun Singapura.”

Tantangan lainnya menurut Erwin ialah menentukan model bisnis cloud, pemasaran dan pemilihan vendor yang dapat dipercaya. Di samping dari sisi bisnis, penerapan teknologi cloud juga mendapat tantangan dari sisi pelaku bisnis.

Country Manager EMC Indonesia, Adi Rusli, mengatakan, pelaku bisnis umumnya enggan mengadopsi teknologi ini. “Cloud kalau melihat adopsinya secara global relatif tidak besar. Salah satunya karena keengganan (pelaku bisnis) untuk berubah,” katanya.

QH.

Related Articles :
BI Rilis Uang NKRI 17 Agustus
– Dua Kementerian Kerja Sama Pemberdayaan Koperasi dan Pengembangan Energi
– Kemenperin Gelar Sepatu, Kulit, dan Fesyen 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *