Cara Mudah Untuk Meningkatkan Omzet

Saya tertarik untuk menulis artikel ini dikarenakan  banyak orang bertanya kepada saya,

Coach Yudi, Bisnis saya perlu kenaikan omzet sehingga saya perlu sekali cari customer. Coach,  siapa prospek terbaik saya dan bagaimana saya dapat menemukannya ?

Jawaban saya biasanya adalah:  Prospek terbaik Anda adalah customer Anda sekarang.

Jawaban diatas biasanya akan diterima dengan pandangan mata yang bingung atau terkejut. Percaya… tapi tidak percaya…, dan biasanya dilanjutkan dengan pertanyaan … “ maksud Coach Yudi???’

Nah Disinilah Uang Anda Bersembunyi…

Apakah Anda mencari prospek baru? Saya yakin iya. 99% pembisnis selalu mencari prospek baru.

Mungkin banyak perusahaan tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya memiliki ratusan bahkan lebih prospek yang bagus dan mereka tidak memberi perhatian cukup terhadap prospek tersebut.

Prospek tersebut dekat dengan Anda, tetapi jauh dimata Anda.

Prospek tersebut adalah customer yang telah Anda miliki dan sudah berada di database Anda sendiri

Terkejut???

Mari kita lihat beberapa fakta  dibawah ini yang bisa dipikirkan untuk kepentingan perusahaan Anda

1.     Mereka telah mengetahui Anda

Secara umum, apakah Anda lebih suka untuk membeli barang dari yang telah Anda tahu atau belum sama sekali? Majoritas dari customer akan cenderung membeli barang atau servis dari orang/perusahaan yang telah diketahui. Tentu dengan catatan produk atau service yang Anda berikan tidak negatif.

2.     Mereka telah pernah menyukai Anda (pernah membeli dari Anda)

Fakta bahwa mereka pernah membeli produk Anda, menandakan bahwa ada fitur atau benefit yang customer Anda  pernah sukai. Apapun itu, benefit yang customer pernah dapatkan atau butuhkan sempat ada di Anda.

3.     Bersama sama , telah pernah memiliki masa lalu dan hubungan bersama perusahaan Anda

Sejarah adalah penting bagi banyak orang. Manusia cenderung untuk lebih memilih sesuatu yang memiliki sejarah baik dibandingkan yang belum sama sekali

4.     Kepercayaan telah pernah terbentuk

Pembelian, apapun itu biasanya terjadi karena adanya kepercayaan.

Customer yang pernah membeli dari Anda dapat berarti mereka telah pernah percaya kepada Anda atau produk dan servis Anda. Menjual kepada orang yang percaya kepada Anda akan jauh lebih mudah dibandingkan meyakinkan orang baru untuk percaya kepada Anda dari awal

5.     Mereka telah mengetahui sejarah dari delivery (pengiriman) dan customer service Anda

Mereka telah mengenal Anda, dan mengerti bagaimana Anda melakukan pengiriman dan pelayanan customer. Customer yang telah tahu dan teredukasi akan lebih mudah untuk kembali bertransaksi dan melakukan hal yang sama.

Berapa banyak customer yang menolak membeli sebuah barang atau servis dikarenakan kekhawatiran akan pengiriman atau customer servis yang buruk? Cukup signifikan/banyak

6.     Mereka telah pernah menggunakan servis dan produk Anda

Mereka telah tahu benefit dari produk dan servis Anda, dikarenakan ini akan lebih mudah untuk memutuskan ketika ingin membeli kembali dari Anda.

7.     Mereka akan menerima telpon atau kontak Anda

Seberapa sering Anda menolak telepon atau kontak dikarenakan Anda tidak tahu siapa yang mengkontak Anda? Saya pribadi tidak terlalu suka untuk menerima telepon dari orang yang saya tidak kenal.

Customer yang sudah ada akan lebih terbuka untuk berbicara dengan Anda karena mereka telah mengenal Anda.

8.     Mereka akan lebih terbuka untuk presentasi dan pengenalan produk Anda

Ketika Anda telah membeli produk atau service dan mengenal sebuah perusahaan, Anda akan lebih terbuka untuk mengetahui apa lagi yang perusahaan tersebut dapat berikan kepada Anda. Alasannya: Anda sudah mengetahui ekpektasi apa yang Anda dapat harapkan dari perusahaan tersebut.

Contoh: Kami di Top Coach Indonesia, banyak mendapatkan client untuk seminar atau coaching dari pelanggan majalah kami.

9.     Anda telah mengetahui sejarah kredit atau pembayaran mereka

Ini adalah satu hal yang penting untuk perusahaan Anda.

Customer lama yang Anda miliki akan lebih tidak beresiko untuk Anda dikarenakan Anda telah mengenal akan kebiasaaan dan sejarah dari pembayaran mereka dibandingkan Customer yang baru.

10.  Anda telah mengetahui kalau mereka membutuhkan produk atau servis Anda

Jelas sekali, Anda tahu bahwa mereka membutuhkan produk atau servis Anda, inilah sebabnya mereka ada di database Anda sebagai customer Anda.

Coba kembali kita renungkan, banyak dari sales mencari customer baru setiap hari dan menelantarkan customer lama mereka.

Customer lama sesungguhnya membutuhkan dan juga haus akan perhatian dan informasi dari perusahaan Anda.
Riset membuktikan bahwa banyak pelanggan membeli produk dari perusahaan lain karena tidak adanya komunikasi atau follow up dari perusahaan langganan mereka.

Mengapa sales mencari keluar, mengeluarkan biaya, mengontak prospek yang tidak pasti, melalui kemacetan demi menemui calon customer yang belum tentu membutuhkan produk Anda, serta membuang waktu memperkenalkan produk dan perusahaan Anda ke orang yang belum tentu tepat, walau sesungguhnya ada banyak customer di database Anda yang menunggu dihubungi dan siap melakukan bisnis dengan perusahaan Anda.

Segera lihat database customer lama anda dan hubungi, niscaya Anda akan lebih sukses dan effektif.

Salam pencerahan

Coach Yudi

Top Coach Indonesia

Phone: 021 2907 8909

Follow me : Twitter@CoachYudi

Facebook: CoachYudiCandra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *