Perkenalan Internet Marketing

Hi…saya Rakhmat Mulyana…biasa dipanggil Coach RM.  Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi mengenai internet marketing.

Di awali dari rasa jenuh dengan pekerjaan rutin di kantor dan sedikit ada waktu luang, ketertarikan saya akan dunia internet marketing dimulai. Pada awalnya timbul pertanyaan di dalam hati….makhluk apa sih INTERNET MARKETING ini ?

Baca buku, koran, tanya-tanya ke teman, dan browsing di internet akhirnya dapat juga gambaran awal mengenai INTERNET MARKETING (gambaraan awal bisa benar bisa juga salah ya). Internet marketing secara mudahnya adalah memasarkan/menjual  barang dan jasa melalui media internet.

Lalu timbul pertanyaan selanjutnya barang dan jasa seperti apa yang dipasarkan ? dan  bagaimana memasarkannya di internet?

Jawabannya ditunda dulu. Bukan tidak mau berbagi akan tetapi saya juga belum tahu jawabannya. Harus belajar lagi nih. Sabar ya.

Akhirnya setelah melewati berbagai rintangan,  hambatan dan tantangan (hehehe lebay banget) saya mengikuti preview training internet marketing yang diadakan oleh salah satu trainer terkenal dan dilanjutkan dengan mengikuti trainingnya selama 2 hari di Jakarta yang dibawakan oleh salah satu internet marketer terkenal dari  Singapura.

Nah jadi jelas deh apa itu internet marketing. Gambaran awal  saya mengenai internet marketing tidak 100% salah tapi memang kurang lengkap.

1. INTERNET MARKETING menurut Wikipedia.org adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www.

2. Barang/jasa yang dijual/dipasarkan :  apa saja selama ada yang mau beli.

Contoh : jual property, jual mobil, jual produk informasi (ebook dan buku fisik), jual membership, jual training, jual gitar, jual makanan, dll

3. Cara memasarkan : melalui berbagai media yang tersedia di  internet bisa gratis bisa berbayar.

Contoh:

  • pasang iklan gratis di website-website yang menyediakan tempat iklan gratis seperti tokobagus.com, berniaga.com, dll
  • buat website dan diisi dengan produk-produk yang dipasarkan/dijual
  • pasang iklan berbayar di website seperti detik.com, republika.co.id, dll
  • pasang iklan berbayar melalui advertising agent seperti google adword dan yahoo marketing.

Nah, terjawab ya 3 pertanyaan di atas. Pingin tahu lebih lanjut mengenai internet marketing. Tunggu dan ikuti terus artikel selanjutnya.

Salam,

Coach Rakhmat “RM” Mulyana

Related Article : “Perkenalan Internet Marketing  (2)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *