Peluang Bisnis di Saat Liburan

Apa perasaan anda ketika mendengar kata ‘Liburan’?

“Sibuk mengurus anak” kata ibu rumah tangga

“Bingung memilih tempat liburan” kata seorang manager pemasaran dengan dua anak

“Bisnis sepi, karena pelanggan pergi ke luar kota.” Kata seorang pegusaha

“Seru, mal saya tambah ramai pengunjung.”kata seorang pengusaha mal terkenal

“Mau liburan, bingung mau titip anjing kesayangan kemana?” kata pecinta binatang

Kesempatan dan kesempitan

Jika anda adalah ibu rumah tangga,  mungkin bingung akan mengajak anak-anak liburan kemana. Jika anda seorang pengusaha akan menghadapi gelombang cuti yang bergiliran membuat suasana kantor yang tadinya sibuk menjadi lebih sepi. Bagi entrepreneur, ini adalah kesempatan yang sangat luar biasa untuk mendapat omset berlipat-lipat dari hari biasa.

Nah, saya ingin bercerita tentang seorang client yang mengalami kebingungan bahkan cenderung stress setiap kali menghadapi momen liburan. Beliau adalah pengusaha bimbingan belajar yang omset penjualannya merosot 75% karena siswa bimbel liburan ke luar kota.

Biasanya, pengusaha yang  saya latih, datang dengan berbagai masalah, dan tugas saya adalah membantu mereka menemukan solusi dari dalam diri mereka.

Bimbingan belajar meraup untung disaat bimbel lain sepi pengunjung

Saya ingat ada beberapa pertanyaan yang saya ajukan saat itu. Pertanyaan saya gunakan untuk menggali kreatifitas semua klien saya agar dapat lebih jernih dalam berpikir.

“pak, saya tahu bisnis anda lesu, pertanyaan saya, apakah semua bisnis lesu?” tanya saya

“Ya, tidak. Biro perjalanan pasti  ramai, objek wisata juga, mal dan hotel pasti ramai.” Jawabnya

“Nah, jika mal ramai, berarti tidak semua ke luar kota, bahkan orang luar kota banyak yang ke kota bapak, betul?” Tanya saya

“Ya,” jawabnya sambil bingung dengan arah pertanyaan saya

“Nah, mengapa mereka pergi ke mal?” tanya saya

“Karena, bingung mau kemana lagi, jika mereka tidak ke luar kota.” Sambil mulai mendapat sedikit pencerahan

“Okay, problem mereka, bingung mau kemana, mengapa mereka tidak diajak belajar sambil mengisi liburan?” Tanya saya.

“Dahsyat, coach. Koq, ngga kepikiran yah?” jawabnya antusias

Alhasil, lahirlah sebuah program “Belajar Super ekspress.” Isinya Merupakan program yang disusun pada saat liburan Juni-Juli, untuk anak yang ingin mengisi waktu liburan mereka dengan kegiatan belajar. Materi yang diberikan pun khusus yaitu materi yang akan diterima pada tahun ajaran baru. Materi pelajarannya telah disusun secara sistematis dan sangat intensif serta memiliki Target yang jelas yaitu 1 (satu) kali pertemuan 1 (satu) BAB harus selesai dengan target waktu 2-3 jam / pertemuan

Pet hotel

Bukan hanya bimbel, biro perjalanan, hotel, resort, objek wisata yang menikmati indahnya bisnis disaat liburan. Tahukah anda, ada sebuah bisnis yang disebut Pet Hotel, bukan sekedar penitipan hewan piaraan tapi hotel mewah yang isinya adalah anjing kesayangan.

Mereka di perlakukan layaknya seorang tamu, mulai dari meja resepsionis mewah, kamar full Air conditioner, tempat tidur mewah hingga room service disiapkan untuk memanjakan hewan piaraan saat ditinggal pergi liburan oleh pemiliknya.

PetSmart PetHotel memasang tarif $23 permalam untuk setiap tamu. Di Indonesia penitipan anjing, kucing, dan binatang piaraan lain pun ramai di kunjungi saat liburan. Bayangkan berapa banyak pemilik anjing yang sangat bersyukur karena ada penitipan binatang yang sangat nyaman, terpercaya dan bahkan membuat binatang piaraan relaks saat ditinggal liburan oleh pemilik.

Nah, kesempatan atau kesempitan sesungguhnya tergantung dari mana anda melihatnya. Banyak sekali kesempatan untuk menciptakan peluang bisnis disaat liburan, waktu luang, bahkan disaat banyak orang mengalami liburan.

www.TopCoachIndonesia.com

Salam pencerahan,
Tom MC Ifle

Indonesia’s #1 Success Coach
Certified MaTriz Level 1 Facilitator
Lean Six Sigma Coach
CEO TOP COACH INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *