Investasi Triwulan I 2014 Capai Rp 100 Triliun

Jakarta, 26 Februari 2014 – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar optimistis realisasi investasi triwulan I 2014 mencapai angka Rp 100 triliun.
Menurutnya, banyaknya ekspansi yang dilakukan perusahaan – perusahaan asing secara tidak langsung mendongkrak laju investasi di triwulan I 2014. Ekspansi kebanyakan dilakukan investor asing khususnya di sektor otomotif dan elektronik.
“Saya optimistis realisasi investasi triwulan I 2014 mencapai angka Rp 100 triliun,” ujarnya. Mahendra mengatakan sektor otomotif merupakan sektor yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan, selama 4 tahun terakhir, investasi di sektor otomotif naik 10 kali lipat.
Berdasarkan data terbaru BKPM investasi di sektor otomotif pada 2013 mencapai US$ 3,7 miliar.
Dia mengatakan contoh perusahaan otomotif yang melakukan ekspansi di triwulan I 2014 adalah PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), dengan investasi sebesar Rp 2,3 triliun, PT TMMIN melakukan groundbreaking pabrik mesin keduanya di Indonesia dengan luas 150 hektare.
Selain itu BKPM Juga telah menerima rencana investasi 570 proyek PMA dan 57 PMDN di sektor otomotif. “Sektor otomotif tumbuh cukup pesat di triwulan I 2014 dan hal ini sangat baik,” ujar dia
Mahendra menjelaskan sektor elektronik juga mengalami peningkatan yang cukup positif di triwulan I 2014, ada banyak perusahaan asing yang melakukan ekspansi, baru – baru ini PT Sharp Electronics Indonesia meresmikan pabrik baru yang berlokasi di kawasan Karawang International Industrial City (KIIC) dengan nilai investasi Rp 1,2 triliun.

QH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *