8 hal wajib Tuntas sebelum 2013 berakhir

Tahun 2013 sudah memasuki bulan ke 11. Sebentar lagi akhir tahun 2013 menentukan prestasi Anda, pencapaian Anda, kemenangan dan juga pembelajaran Anda. Banyak dari kita yang menunggu tahun depan baru menyelesaikan rencana, membuat laporan, membuat penilaian kinerja karyawan dan seterusnya.

Saya sangat terinspirasi dengan Carlos Ghosn, pahlawan yang membuat Nissan pada tahun 1999 keluar dari utang senilai $ 20 miliar dengan cara-cara inovatif dan berani.

Carlos Ghosn menurut saya sangat inspiratif karena suka berbagi, tidak pelit ilmu, selalu bersemangat, dan senang melihat orang lain sukses. Saya ingat saat beliau bercerita mengenai krisis ekonomi. Tips yang benar-benar mengena waktu itu bahwa di setiap jenis krisis ekonomi, eksternal maupun internal. Yang krisis bukan hanya ekonomi tetapi juga krisis kepemimpinan.

Krisis yang paling sering terjadi adalah ketika leader tidak memahami prioritas, tidak mampu memberi instruksi yang jelas, dan tidak bisa mendiagnosa kondisi bisnis secara utuh.

“…economic crisis must not only be seen as a tough period, which it certainly is, but it must be accepted and seen as an opportunity to learn from past mistakes, to renovate old methods and to defy one’s limitations,” Carlos Ghosn.

Nah, saya melihat ada 8 hal yang harus Anda tuntaskan sebelum menginjak 2014.  Agar Anda dapat membangun sebuah visi baru dan mengatur prioritas yang jelas yang akan memimpin perusahaan dan menetapkan langkah berikutnya di 2014.

1.       Review Plan yang sudah dieksekusi

Review semua rencana yang pernah Anda buat, kumpulkan para leader, manager, lalu minta mereka membuka file planning yang sudah dilaksanakan. Apa yang membuat plan ini dijalankan dengan baik? Apa yang membuat team bersemangat menjalankan strategi ini? Dan apakah mendatangkan hasil yang gemilang?

2.       Goal besar vs goal kecil yang terwujud

Bisa jadi Anda memiliki goal besar berupa pencapaian profit, omset atau goal lain yang penting. Tahukah Anda, goal besar Anda bisa terwujud jika goal-goal kecil team Anda sudah terwujud? Ya, Sales, marketing, accounting, operation, human resource adalah divisi yang seharusnya memiliki prioritas untuk mewujudkan goal besar dengan focus pada goal divisi. Nah, review goal kecil apa yang sudah terwujud dan divisi apa yang sukses agar tahun 2014 Anda tahu divisi apa yang perlu menjadi perhatian khusus.

3.       Evaluasi Strategi Marketing yang paling efektif

Ini adalah rahasia sukses yang sering dilupakan. Setiap tahun baru kita membuat strategi marketing baru tanpa mereview apa strategi yang sangat baik ditahun 2013. Mumpung 2013 belum berakhir, silakan review strategi marketing Anda. Bisa jadi cara penyebaran brosur, media yang efektif, headline yang paling mendatangkan prospek. Nah, perhatikan baik-baik, semua aspek yang akan anda jadikan patokan tahun 2014.

4.       Siapa Karyawan yang akan dipromosikan

Banyak yang mengakui bahwa mendapat karyawan yang tepat sangat sulit. Pertanyaan saya, apa yang terjadi dengan karyawan yang sudah berprestasi tetapi pindah ke kompitor? Jawaban saya, karena mereka tidak diperhatikan oleh atasan, bukan uang atau factor lain yang menyebabkan mereka tidak betah. Nah, sebelum tahun ini berakhir, siapa karyawan yang berprestasi, apa reward yang akan Anda berikan dan mungkin saja Anda akan mempromosikan mereka untuk mendapat tanggung jawab lebih banyak.

5.       Laporan pajak dan lunasi kekurangan bayarnya

Pajak penting sekali, kerapian Anda menata pembukuan akan mempermudah dalam perhitungan pajak. Pastikan anda memiliki laporan yang akurat agar saat pelaporan pajak berjalan lancar.

6.       Apakah ada Janji tertunda

Ya, janji bisa banyak bentuknya. Bisa hutang piutang, atau janji Anda akan memberi insentif kepada team. Apapun itu, ingat-ingat, apakah ada janji yang belum Anda tepati sebelum tahun ini berakhir?

7.       Rencanakan liburan Anda

Hey, Anda sudah kerja keras, yuk rencanakan liburan Anda akhir tahun ini dan berikan reward yang pantas atas hasil yang Anda capai tahun ini.

8.       Planning kesuksesan 2014 sekarang

Meskipun 2013 sudah selesai, kita harus merencanakan kesuksesan berikutnya di 2014. Apa peluang yang ingin Anda tangkap, bisnis baru, produk baru, strategi baru.Nah, rencanakan tanggal planning day Anda, jika Anda sudah memiliki coach, pastikan Anda menyelesaikan planning 2014 sebelum Desember 2013.

Semoga bermanfaat!

Tom MC Ifle

Founder& CEO Top Coach Indonesia

Indonesia’s #1 Largest Coaching Firm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *