Kemenperin Dorong Promosi Industri Aneka

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus meningkatkan promosi industri aneka salah satunya dengan menggelar Pameran Produk Industri Aneka yang menghadirkan produk-produk berkualitas buatan dalam negeri.

“Pameran ini merupakan upaya pemerintah dan dunia usaha untuk meningkatkan promosi terkait dengan kemampuan industri aneka dalam negeri yang diharapkan mampu mendorong pengembangan industri aneka,” kata Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun, saat menyampaikan sambutan pembukaan pameran di Kementerian Perindustrian, Jakarta, 21/10.

Alex mengatakan, industri aneka merupakan industri hilir yang terus didorong pengembangannya karena industri tersebut memiliki potensi yang sangat besar dan prospektif baik untuk pasar dalam dan luar negeri.

Dalam pameran tersebut dihadirkan produk-produk dalam negeri dari industri alas kaki, industri barang jadi kulit, industri mainan, industri alat olah raga, dan industri alat tulis. “Dengan adanya globalisasi perdagangan dunia, membuat persaingan dagang menjadi semakin ketat dan oleh karena itu harus disikapi secara cermat untuk meningkatkan daya saing,” kata Alex.

Ia menjelaskan, dengan kondisi tersebut, dunia usaha harus mampu melakukan efisiensi produksi dan pemasaran serta memberi nilai positif berupa akses pasar, teknologi, investasi, dan peningkatan sumber daya manusia.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, saat ini jumlah industri aneka dalam negeri kurang lebih sebanyak 1.035 perusahaan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia seperti Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Jumlah tenaga kerja yang diserap sebanyak 995.315 orang dengan total investasi mencapai Rp19,37 triliun, dan mampu memberikan kontribusi terhadap ekspor sebesar 5,96 miliar dolar dengan nilai produksi Rp55,95 triliun serta utilisasi sebesar 59,76 persen.

 QH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *